Info Terbaru 2022

Apa Itu Kabel Hdmi Dan Fungsi Hdmi

Apa Itu Kabel Hdmi Dan Fungsi Hdmi
Apa Itu Kabel Hdmi Dan Fungsi Hdmi
Dalam ulasan kali ini, serba definisi akan mengupas perihal kabel HDMI dan fungsi dari kabel HDMI itu sendiri.

Pada dikala kita menghubungkan VCD Player dengan TV, ada beberapa soket yang sediakan. Paling umum adanya soket untuk Video dan soket untuk Audio. Kedua soket tersebut kita hubungakn untuk sanggup memutar film dengan suara.

Nah kini pernahkan anda menonton sebuah film di Youtube, dimana layarnya yaitu TV (bukan layar laptop). Anda menghubungkan antara Laptop dengan TV melalui kabel HDMI, cukup hanya satu kabel (tidak ada kabel Video dan Audio).

Jika kita perhatikan antara TV dengan VCD Player serta Laptop dengan TV, cara menghubungkannya memakai kabel yang berbeda dan pada Laptop dengan TV hanya cukup membutuhkan kabel HDMI saja. Apa sich kabel HDMI. Untuk itu, disini kita akan membahas menyerupai kabel HDMI itu, dilanjukan dengan fungsi dan kelebihan kabel HDMI.

Apa itu HDMI

HDMI merupakan kependekan dari High Definition Multimedia Interface, dimana HDMI menjadi konektor audio dan video antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, namun hanya cukup satu kabel tunggal.

Seperti yang terlihat sepeti gambar diatas, kita menghubungkan Laptop dengan TV melalui kabel HDMI. Selain itu, kita juga sanggup menghubungkan seluruh sumber audio dan video menyerupai Blu-ray Disc Player, PC, Video game Console dengan satu kabel.

HDMI bisa mendukung banyak sekali macam format dari mulai yang paling standar hingga yang berkualitas tinggi (HD) pada komputer, televisi, atau perangkat lainnya yang telah mempunyai port HDMI.

Fungsi Kabel HDMI

Fungsinya yaitu sebagai konektor penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, dimana cukup dengan satu kabel (HDMI) maka data video dan audio akan dikirim secara lebih baik kualitasnya.

Kelebihan Kabel HDMI

  • Karena bersifat digital, maka HDMI tidak melaksanakan kompresi sinyal sehingga akan menghasilkan kualitas yang baik.
  • Pada kabel HDMI kecepatan transfer data hingga 10.2 GB per detik sehingga akan menghasilkan kualitas gambar dan bunyi yang lebih baik.
  • HDMI sanggup berkomunikasi secara dua arah, dengan demikian antara alat yang satu dengan yang lainnya sanggup berinteraksi. Misalkan : sebuah HDTV (High Definition TV) dengan DVD Player, singkatnya sanggup saling berkomunikasi untuk mendapat pengaturan terbaik biar gambar tampil secara optimal. 
  • Kabel HDMI memakai kabel tunggal, walaupun sebenaranya terdapatt 19 kabel yang terbungkus pada sebuah kabel tunggal. Dengan demikian mengakibatkan kabel HDMI menjadi dalam penggunaannya.

Jenis-jenis kabel HDMI

  1. Kabel HDMI tipe A.
    Jenis kabel HDMI tipe A merupakan jenis kabel HDMI yang umum dan sering dipakai dalam banyak sekali perangkat elektornik. Kita sanggup menjumpai jenis kabel ini pada Laptop, Blue Ray dan perangkat lainnya.  Dalam jenis ini, tersusun dari 19 pin di dalam konektornya yang mempunyai ukuran dimensi 13,99 mm x 4,45 mm dan disebut juga HDMI Full Size connector.
  2. KabelHDMI tipe B.
    Pada Jenis ini ukurannya sedikit lebih besar daripada kabel HDMI tipe A. Pada jenis ini terdapat 29 pin di dalam konektornya, dimana model ini dimaksudkan untuk teknologi tampilan masa depan, yang resolusinya ultra tinggi. (UHDTV, Ultra High Definition Television). Oleh alasannya itu konektor HDMI tipe B belum dipergunakan secara komersial.
  3. Kabel HDMI tipe C.
    Walaupun kabel HDMI tipe C terdiri dari 19 pin menyerupai HDMI tipe A, namun ukurannya lebih kecil dari tipe A. HDMI tipe C mempunyai dimensi 4,45 mm x 13,9 mm. Jenis ini ditujukan untuk perangkat elektronik yang berukuran sedang, menyerupai camcorder (handycam), tablet dll.
  4. Kabel HDMI tipe D.
    Karena peruntukan HDMI tipe D untuk perangkat elektronik yang berukuran kecil, menyerupai camera digital saku, smartphone dll, maka tipe ini sering disebut dengan HDMI micro connector. Pada tipe ini terdapat 19 pin dengan dimensi 2,8 mm x 6,4 mm.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90