Info Terbaru 2022

Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Khatulistiwa Atau Ekuator ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Khatulistiwa Atau Ekuator ?
Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Khatulistiwa Atau Ekuator ?
Dalam kesempatan kali ini, serba definisi akan membahas perihal garis khatulistiwa.

Ketika masih duduk di dingklik sekolah dasar, sering kali kita menyebut garis khatulistiwa apalagi ketika kita mulai mengenal globe.

Nah kira-kira mengapa disebut dengan garis khatulistiwa dan negara-negara mana saja yang dilalui oleh garis khatulistiwa tersebut.

Apa itu garis khatulistiwa ?

Garis khatulistwa ialah garis khayal atau imajiner yang membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu :
  • Belahan bumi utara
  • Belahan bumi selatan
Garis khatulistiwa disebut juga dengan garis ekuator dan mempunyai panjang kira-kira 40.075 km (24,901.5 mil).

Khatulistiwa ialah satu-satunya garis di permukaan bumi yang dianggap bulat besar. Ini didefinisikan sebagai bulat yang digambar di bola (atau bola lengkung ibarat Bumi diklasifikasikan) dengan sentra yang meliputi sentra bola itu. Khatulistiwa dengan demikian memenuhi syarat sebagai bulat besar alasannya melewati sentra bumi yang sempurna dan membaginya menjadi dua. Garis lintang lain di utara dan selatan khatulistiwa bukanlah bulat besar alasannya mereka mengecil ketika mereka bergerak ke arah kutub. Seiring usang mereka menurun, mereka tidak semua melewati sentra bumi.

Negara-negara yang dilalui khatulistiwa

Khatulistiwa melewati banyak negara, termasuk Ekuador, Columbia, Brasil, Gabon, Sao Tome dan Principe, Kongo, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia, dan Indonesia. Khatulistiwa melintasi perairan teritorial dari negara pulau Maladewa dan Kiribati. Di Indonesia, Pontianak Ibu Kota Kalimantan Barat ialah kota yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Selain Negara, Garis Khatulistiwa juga melintang di Tiga Samudera yakni Samudera Pasifik, Samudera Hinda dan Samudera Atlantik.

Iklim di garis khatulistiwa

Daerah yang dilalui garis khatulistiwa akan mempunyai iklim yang berbeda dari beberapa wilayah yang berada di belahan bumi utara maupun selatan,terutama contoh iklim yang sama sepanjang tahun yang mana contoh hangat dan lembap serrta contoh hangat dan kering sanggup berlangsung sepanjang tahun.

Iklim di tempat khatulistiwa dipengaruhi oleh banyaknya sinar matari yang masuk serta
daerah-daerah yang dilalui jalur khatulistiwa mempunyai kelembaban udara yang cukup tinggi

Dan sementara itu, wilayah yang bergerak menjauh dari tempat khatulistiwa akan mendapatkan cahaya matahari yang tidak terlalu banyak, baik yang bergerak ke arah utara, maupun ke arah selatan dari garis khatulistiwa.

Namun, alasannya iklim tropis yang terjadi di tempat garis khatulistiwa mengakibatkan wilayah ini sebagai salah satu wilayah yang mempunyai paling banyak keanekaragaman hayati di Bumi ini. Hal ini sanggup dilihat dari banyaknya jenis tumbuhan dan fauna yang kesemuanya menempati hutan hujan tropis khas wilayah garis khatulistiwa.

Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90