Info Terbaru 2022

Definisi Garis Demarkasi Dan Pola Garis Demarkasi

Definisi Garis Demarkasi Dan Pola Garis Demarkasi
Definisi Garis Demarkasi Dan Pola Garis Demarkasi
kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan garis demarkasi ?.

Pada zaman dahulu, dikala indonesia masih dalam penjajahan sering kita mendengar adanya suatu upaya gencatan senjata yang diusahakan oleh pihak ketiga dengan tujuan tidak bertambah banyaknya korban yang berjatuhan.

Nah, dalam masa gencatan senjata tersebut dibagilah wilayah menjadi area yang sering disebut dengan zona gencatan senjata yang ditandai dengan garis demarkasi. Dari sini kita akan lebih memperdalam makna dari garis demarkasi tersebut.

Apa itu garis demarkasi ?

Garis demarkasi ialah garis pemisah yang ditentukan dalam perundingan gencatan senjata oleh pihak yang sedang bertikai atau terlibat peperangan.

Terkadang garis Demarkasi disamakan dengan garis Van Mook. Hal ini alasannya ialah pernah ada sebuah perbatasan buatan yang memisahkan wilayah milik Belanda dan Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia yang diciptakan sesudah perjanjian Renville pada Januari 1948. Dinamakan Van Mook alasannya ialah dicetuskan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada masa itu yang berjulukan Dr. H. Van Mook

Kaprikornus disini kedua belah pihak yang bertikai dihentikan melaksanakan agresi militer di wilayah yang dibatasi garis demarkasi tersebut. Dan tentunya kawasan tersebut menjadi zona kondusif yang dihentikan dilanggar oleh kedua belah pihak.

Contoh-Contoh Garis Demarkasi

Berikut ini beberapa teladan garis demarkasi yang pernah terjadi dibeberapa penggalan dunia, menyerupai :
  • Mason-Dixon  line(atau "Garis Mason dan Dixon") ialah garis demarkasi antara empat negara A.S., yang membentuk bab dari perbatasan Pennsylvania, Maryland, Delaware, dan West Virginia (yang lalu menjadi bab dari Virginia).
  • Blue line ialah garis batas perbatasan antara Lebanon dan Israel yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 7 Juni 2001 untuk tujuan memilih apakah Israel telah benar-benar menarik diri dari Lebanon.
  • Purple line ialah garis gencatan senjata antara Israel dan Suriah sesudah Perang Enam Hari pada tahun 1967.
  • Green line (Lebanon) merujuk pada garis demarkasi di Beirut, Lebanon selama Perang Sipil Lebanon 1975-1990. Garis ini memisahkan faksi-faksi Muslim di Beirut Barat dari Beirut Timur yang secara umum dikuasai Katolik yang dikontrol oleh Front Lebanon.
  • McMahon line adalah garis yang memisahkan Cina dan India, yang digambar di peta yang dilampirkan pada Simla Convention, sebuah perjanjian yang dinegosiasikan antara Inggris Raya, China, dan Tibet pada tahun 1914.
  • Foch line adalah garis demarkasi sementara antara Polandia dan Lithuania yang diajukan oleh Entente sesudah Perang Dunia I
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90