Info Terbaru 2022

Pengertian Resonansi Serta Manfaat Dan Kerugian Resonansi

Pengertian Resonansi Serta Manfaat Dan Kerugian Resonansi
Pengertian Resonansi Serta Manfaat Dan Kerugian Resonansi
Kali ini dalam rubrik serba definisi, kita akan membahas wacana Resonansi.

Bagi kita yang lokasi rumah berada di erat jalan raya, ketika ada kendaraan beroda empat besar mirip truk
lewat di depan rumah maka kita akan melihat beling jendela tiba-tiba bergetar.

Contoh lainnya, bangunan rumah yang berada di erat rel kereta api akan ikut bergetar ketika gerbong kereta api melintasinya. Mengapa hal tersebut sanggup terjadi ?. Untuk itu mari kita memahami definisi dari Resonansi itu sendiri.


Pengertian Resonansi

Resonansi ialah tanda-tanda ikut bergetarnya suatu benda lantaran getaran benda lain. Terjadinya resonansi kalau benda sumber yang bergetar memiliki frekuensi sama  dengan sebuah benda dan berada dalam kawasan rambatan getaran, maka benda tersebut akan ikut bergetar.

Untuk memahami lebih lanjut wacana resonansi, perhatikan Gambar dibawah ini :

Jika garpu tala "A" dipukul kemudian bergetar dan dibiarkan bergetar beberap ketika kemudian dipegang sampai berhenti bergetar, ternyata garpu tala "B" yang didekatnya terlihat masih bergetar. Hal ini disebabkan lantaran getaran yang dihasilkan oleh garpu tala "A" merambat di udara dan menggetarkan garpu tala "B". Akan tetapi kalau frekuensi kedua garpu tala tersebut tidak sama, maka garpu tala "B" tidak akan ikut bergetar. Kaprikornus resonansi itu kondisi dimana getaran suatu benda menghipnotis benda yang lain.

Keuntungan Resonansi

  • Kita sanggup mendengar suara lantaran adanya kejadian resonansi pada indera pendengaran kita. Di dalam indera pendengaran terdapat selaput gendang telinga. Selaput ini sangat tipis dan gampang beresonansi dengan suara audiosonik.
  • Adanya ruang resonansi pada gitar, biola, saron, kolintang, dan kentongan sanggup memperkeras suara alat-alat tersebut.
  • Bunyi merdu yang kita dengar dari alat musik akustik mirip seruling, biola, drum, dan gitar memanfaatkan resonansi . Gamelan yang merupakan alat musik tradisional juga memanfaatkan kejadian resonansi.
  • Katak sanggup mengeluarkan suara yang sangat keras lantaran resonansi yang terjadi pada rongga mulutnya. Mungkin beberapa dari kita pada animo hujan pernah melihat rongga ekspresi katak yang tampak mengembang tiupan balon yang mirip selaput tipis. Pada selaput tipis inilah terjadi kejadian resonansi.

Kerugian Resonansi

Perisiwa resonansi tidak selalu membawa keuntungan, contohnya :
  • Getaran berpengaruh yang ditimbulkan oleh ledakan bom sanggup meruntuhkan atau menciptakan retak dinding-dinding gedung-gedung.
  • Getaran yang terus-terusan ditimbulkan oleh kereta api terhadap sebuah rumah yang berada erat rel kereta api akan menciptakan rumah tersebut cepat rusak.
  • Jika getaran keras yang ditimbulkan oleh gempa bumi, maka akan sanggup mengakibatkan bangungan mirip rumah atau gedung akan roboh.
  • Mesin pesawat supersonik sanggup memecahkan beling jendela bangunan dan sanggup memecahkan indera pendengaran kita.
  • Sekelompok tentara biasanya berbaris maju dengan langkah teratur diperintahkan tidak berjalan dengan teratur ketika sedang melalui jembatan gantung. Hal ini dilakukan untuk menghindari hentakan-hentakan kaki serentak yang sanggup menghasilkan frekuensi yang sama atau mendekati frekuensi alam jembatan. Jika frekuensi-frekuensi hentakan-hentakan kaki serentak sama dengan frekuensi alami jembatan, terjadi resonansi dan jembatan ikut berayun (bergoyang) dengan jago dan sanggup runtuh.


Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90