Info Terbaru 2022

Sebutkan Perbedaan Pembuluh Arteri Dan Vena ?

Sebutkan Perbedaan Pembuluh Arteri Dan Vena ?
Sebutkan Perbedaan Pembuluh Arteri Dan Vena ?
Perbedaan arteri dan vena - Tutorial materi biologi kali ini akan membicarakan perihal pembuluh darah, dimana pokok permasalahan yang akan kita angkat yaitu mengenaio perbedaan pembuluh arteri dan vena.

Siapa yang tidak tahu darah, dalam keseharian tentunya semua diantara kita pernah melihat darah. Baik darah dari luka badan kita ataupun melihat darah orang lain yang sedang terluka tubuhnya.

Dalam badan insan mempunyai sistem peredaran darah yang kompleks, dimana peranan darah ini sangat penting bagi badan manusia. Salah satu fungsi darah yaitu untuk mengangkut oksigen yang diharapkan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan badan dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung banyak sekali materi penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan badan dari banyak sekali penyakit.

Tiga Jenis Pembuluh Darah

Dalam melaksanakan pergerakannya darah memerlukan suatu medium untuk bergerak. Medium pergerakannya disebut pembuluh yang ibarat semacam pipa.

Secara umut terdapat tiga  jenis pembuluh darah, yaitu :
  • pembuluh darah arteri yang berperanan dalam membawa darah dari jantung, 
  • pembuluh darah kapiler yang berfungsi sebagai daerah pertukaran gotong royong air dan materi kimia antara darah dan jaringan
  • pembuluh darah vena, yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung


Lalu pernahkah anda perhatikan dikala orang diinfus ?

Ketika seseorang sakit dan perlu dirawat di rumah sakit, tentunya diinfus merupakan suatu keharusan. Ketika seorang perawat akan memasang infus, tentunya  harus ditemukan jalur pembuluh darah biar jarum infusnya sanggup dipasang.

Pembuluh darah yang dicari dikala infus di pasang atau dikala kita hendak mendonorkan darah yaitu "pembuluh vena".

Terkadang dalam beberapa kasus kita sering disuruh banyak minum biar gampang ditemukan pembuluh vena untuk memudahkan dalam pemasangan infus.

Ada orang-orang yang pembuluh venanya sulit ditemukan, dimana dalam istilah medisnya dikenal dengan sebutan DIVA (Difficult Intravena Access).

Alat bantu yang dipakai dalam pencarian pembuluh vena ini disebut dengan Vein Finder. Alat ini memakai lampu LED khusus yang kondusif digunakan, dan sanggup menerawang pembuluh darah yang ada pada tangan.

Macam-macam vena :
  • Vena kava yaitu pembuluh darah yang terhubung dengan serambi kanan jantung. Vena kava membawa darah miskin oksigen dan kaya karbon dioksida dari jaringan tubuh.
  • Venula yaitu pembuluh darah yang berafiliasi dengan kapiler.
  • Vena pulmonalis yaitu pembuluh darah yang terhubung dengan serambi kiri jantung, tugasnya membawa darah kaya oksigen dari paru-paru.


Lalu pernahkan anda mendengar istilah urat nadi ?

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini, terkadang ada orang yang mencoba mengukur kecepatan denyut jantung dengan meraba urat nadi tersebut.
Namun demikian, cara yang lebih akurat dalam mendengarkan denyut jantung yaitu dengan memakai stetoskop, sebuah proses yang dikenal sebagai ausculatation.

Pembuluh nadi yang sering kita sebutkan tersebut yaitu pembuluh arteri. Arteri ini merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh badan dan darah yang dibawa oleh arteri kaya akan dengan oksigen, kecuali arteri pulmonalis.

Bila pergerlangan tangan terpotong sanggup menjadikan maut alasannya yaitu pada pergelangan tangan terdapatnya arteri (penyalur darah dari jantung) dimana pembuluh ini tidak bersekat dan bila pembuluh ini tergores maka darahnya keluar pribadi muncrat (maksudnya keluarnya pribadi banyak dan susah dihentikan).

Macam-macam arteri :
  • Aorta yaitu pembuluh darah yang terhubung dengan bilik kiri jantung, aorta membawa darah kaya oksigen ke jaringan tubuh.
  • Arteriol yaitu Pembuluh darah yang berafiliasi dengan kapiler.
  • Arteri pulmonalis yaitu pembuluh darah yang terhubung dengan bilik kanan jantung, membawa darah miskin oksigen (O2) menuju paru-paru.


Lalu apa perbedaan pembuluh vena dengan arteri ?

Seperti yang kita ketahui pembuluh darah insan terdiri dari tiga jenis yaitu : pembuluh arteri, kapiler dan vena. Ketiga jenis pembuluh darah tersebut mempunyai peranan atau kegunaan masing-masing. Pembuluh arteri membawa darah dari jantung, pembuluh kapiler memungkinkan terjadinya pertukaran air dan materi kimia antara darah dan jaringan, sedangkan pembuluh darah vena membawa darah dari jaringan kembali ke jantung.

Karena pembahasan kita dalam tutorial kali ini lebih difokuskan perihal perbedaan pembuluh arteri dengan vena, maka mari kita lihat perbedaan lebih mendalam antara kedua pembuluh tersebut (arteri dengan vena)
Perbedaan Arteri Vena
Tempat Tersembunyi di dalam jaringan Dekat permukaan tubuh, berwarna agak kebiru-biruan
 Fungsinya Menganngkut oksigen Mengankut karbondioksida
Dinding pembuluh Memiliki dinding pembuluh yang tebal dan juga elastis Memiliki dinding pembuluh yang tipis dan gampang mengalami peregangan.
Kandungan karbondioksida Miskin karbondioksida,kecuali pada arteri pulmonalis yang kaya karbondioksida Kaya karbondioksida, kecuali pada vena pulmonalis yang miskin karbondioksida
Kandungan oksigen Kaya oksigen kecuali pada arteri pulmonalis yang miskin oksigen Miskin oksigen kecuali pada vena pulmonalis yang kaya oksigen
Arah Aliran Darah Keluar Jantung Menuju Jantung
Denyut Bila berdenyut maka akan terasa Bila berdenyut kita tidak mencicipi (tidak terasa)
Katup Tidak mempunyai katup Memiliki katup yang ada di sepanjang pembuluhnya
Aliran Darah Deras Lambat
Jika Terluka Memancar Menetes
Diameter Pembuluh Lebih kecil dari vena Lebih besar dari arteri
Warna Merah terang Merah gelap
Kecepatan Pembekuan Pembuluh darah arteri lebih lambat membeku Pembuluh darah vena lebih cepat membeku dibandingkan arteri
Tekanan Lebih besar dari vena Lebih kecil dari arteri
Penamaan Sesuai dengan organ yang akan dilaluinya, pola : arteri pulmonalis – artinya arteri tersebut akan melalui paru – paru Sesuai dengan organ yang ditinggalkannya, pola vena pulmonalis – artinya vena tersebut gres meninggalkan paru – paru
Saluran  (lumen)  Sempit alasannya yaitu berdinding tebal Luas alasannya yaitu berdinding tipis


Referensi

1.https://mediskus.com/penyakit/fungsi-pembuluh-darah-arteri-dan-vena
2.http://xamthonemedicine.com/perbedaan-pembuluh-darah-arteri-dan-vena.html
3.
4.https://id.wikipedia.org/wiki/Pembuluh_darah
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90